Studi Kasus UX : Aplikasi untuk mendiagnosa penyakit tanaman melalui foto

Latar Belakang

Para petani pemula terkadang kesulitan dalam mendeteksi penyakit atau hama pada tumbuhan mereka secara akurat. Tak jarang mereka juga mengalami penurunan produktifitas tanaman yang diakibatkan karena keterlambatan dalam mendeteksi hama atau penyakit. Banyak diantara petani yang kerap bertanya “Apakah tanaman saya sehat?” dan “Jika tanaman saya sakit, apa yang harus saya lakukan?” Karena itu aplikasi ini menargetkan kebutuhan petani dan mengurangi kerugian tahunan yang disebabkan penyakit dan hama. Karena jika kita dapat mengetahuinya lebih dini, seperti adanya hama misalnya, para petani dan pembudidaya tanaman dapat bertindak lebih cepat guna mencegahnya agar tidak mengganggu produktivitas tanaman.

Apa itu Plantex?

Plantex adalah aplikasi seluler untuk membantu petani dalam mendeteksi penyakit atau hama pada tanaman. Baik tanaman yang menderita hama, penyakit atau kekurangan nutrisi. Anda akan mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang disarankan hanya dengan mengambil foto. Dari hasil analisa tersebut, aplikasi ini akan memberikan rekomendasi tindakan yang harus dilakukan oleh petani.

Tujuan Aplikasi

  1. Memberikan kemudahan petani dalam mendeteksi masalah pada tanaman.
  2. Memudahkan petani dalam memperluas networking menambah pengetahuan, menyalurkan hobi, mendatangkan tambahan penghasilan, dan mengasah kompetensi.

Analisis Produk

Target Pengguna

Secara demografis, target pengguna kami difokuskan pada para petani atau pembudidaya tanaman. Dikutip dari berita radar cirebon tahun 2017 mengatakan bahwa Serangan hama sedikitnya menyebabkan 4.000 hektar tanaman padi di Kabupaten Cirebon mengalami gagal panen. Selain itu, Kerugian terbesar akibat gagal panen terjadi di Desa Wanguk, sedikitnya ± 430 hektar areal persawahan 80% diantaranya mengalami gagal panen. Hal tersebut dikarenakan adanya serangan hama wereng batang cokelat dan penyakit kerdil (Murdiyarso, 2017).

Batasan Aplikasi

1. Login

Memfasilitasi pengguna untuk dapat melakukan login dengan menggunakan akun yang sudah ada ataupun masuk melalui facebook

2. Daftar

Memfasilitasi pengguna untuk melakukan pengisian data diri saat pertama kali menggunakan aplikasi.

3. Deteksi hama dan penyakit

Memfasilitasi pengguna agar mudah dalam mendeteksi hama atau penyakit dengan sekali jepretan foto.

4. Chat bersama dokter ahli tanaman

Konsultasikan masalah tanamanmu via Plantex. Lebih dari 15rb dokter spesialis tanaman yang berpengalaman siap menjawabnya. Anda akan mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang disarankan. Dapatkan pula jawaban akurat dan berkulitas dengan respon cepat.

5. Komunitas petani

Kami menyediakan wadah bagi anda untuk memperluas networking, menambah pengetahuan, menyalurkan hobi, mendatangkan tambahan penghasilan, dan mengasah kompetensi melalui komunitas petani ini.

6. Artikel Kesehatan Tanaman

Jelajahi artikel kesehatan dengan beragam topik yang disajikan. Setiap artikel disusun dari sumber yang terpercaya dan disunting bertahap oleh tim dokter atau editor kami.

7. Toko Pupuk dan Bibit

Karena salah satu masalah petani adalah susahnya membeli pupuk karena di daerah mereka mengalami kelangkaan sehingga harganya menjadi mahal, kami disini menyediakan toko khusus yang menjual aneka pupuk dan bibit yang petani butuhkan.

8. Kalkulator pupuk

Hitung kebutuhan pupuk untuk tanaman Anda berdasarkan ukuran plot tanah

9. Diagnosis dan obati masalah tanaman

Anda akan mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang disarankan hanya dengan melalui genggaman tangan

Proses

EMPHATIZE

Untuk dapat memberikan solusi yang tepat dan baik saya membangun pemahaman mengenai pengguna dengan melakukan sejumlah penelitian untuk mengetahui kebiasaan, kebutuhan, dan kesulitan yang dialami oleh petani. Dengan melakukan 2 metode penilitian termasuk pengujian kegunaan jarak jauh dan untuk dapat memberikan solusi yang tepat dan baik saya membangun pemahaman mengenai pengguna dengan melakukan sejumlah penelitian untuk mengetahui kebiasaan, kebutuhan, dan kesulitan yang dialami oleh petani. Dengan melakukan 2 metode penilitian termasuk pengujian kegunaan jarak jauh dan wawancara pengguna.

Research Plan

  • Research Objective : Mendeskripsikan cara petani mengidentifikasi dan menangani masalah penyakit atau hama pada tumbuhan.
  • Research Question : bagaimana cara petani mengidentifikasi masalah pada tanaman ? dan bagaimana cara petani memberikan solusi dari permasalahan tanaman tersebut?
  • Participant :
  1. Pernah atau sedang memiliki tanaman atau kebun.

2. Pernah mengalami tanaman sakit, terkena hama atau kurang nutrisi.

User Interview

Saya mulai dengan melakukan wawancara 5 petani untuk memvalidasi lebih lanjut. Pertanyaan wawancara berpusat pada pengumpulan data sebanyak mungkin mengenai proses mereka mengidentifikasi masalah pada tanaman, solusi masalah pada tanaman, rekomendasi produk, dll.

Key Findings :

  1. Masih banyak diantara petani kebingungan cara mengendalikan hama, mengidentifikasi penyakit dan nutrisi untuk tanaman mereka.
  2. Seringkali petani mengalami salah perhitungan pupuk yang mereka butuhkan.
  3. Petani merasa sekarang pupuk mahal & langka.
  4. Petani membutuhkan dan mencari bibit yang unggul.
  5. Petani hanya mengandalkan pengetahuan sederhana.
  6. Petani membutuhkan solusi yang tepat dan respon yang cepat.
  7. Mayoritas motivasi mereka menanam tanaman adalah uang, menyalurkan hobby, mencari kesibukan.

DEFINE

Pada proses pengolahan data ini saya menggunakan bantuan HMW (How Might We) untuk menentukan masalah mana yang akan saya angkat untuk di berikan solusi.

Karena ada beberapa statement HMW, saya menggunakan impact effrot matrix untuk mengukur mana masalah yang memiliki impak yang paling besar bagi user dan effort yang paling mungkin untuk di kerjakan.

Persona

Persona menggambarkan pengguna biasa, demografi, perilaku, tujuan, pain points, dan frustrasi mereka. Ini membantu saya untuk melihat pengalaman ujung ke ujung dari sudut pandang luas.

IDEATE

Low Fidelity

Saya mulai membuat sketsa solusi di atas kertas untuk memberikan kebebasan pada aliran pemikiran saya dan tidak dibatasi oleh detail.

High Fidelity

Design Solution

Logo

Onboarding-Login-Daftar

Pengguna dapat melakukan masuk akun dengan menggunakan akun yang sudah ada ataupun masuk melalui facebook. Jika pengguna belum memiliki akun pengguna dapat melakukan pengisian data diri untuk membuat akun.

Pilih Tanaman — Beranda

Pengguna dapat memiliih tanaman apa yang mereka tanam, hal ini akan mempengaruhi isi aplikasi sesuai dengan tanaman yang mereka tanam.

Pada bagian Beranda ini ada 6 icon yang ditampilkan yakni produk Deteksi, Tanya Ahli, Shop, Kalkulator Pupuk, Budidaya, dan Forum. Jadi pengguna akan memilih apa yang dia ingin. Kemudian ada section seperti Tanamanku agar mempermudah pengguna mencari informasi tentang tanaman mereka. Selanjutnya ada section Rekomendasi Forum dan Berita, untuk mengetahui berita terkini kepada pengguna.

Deteksi penyakit dan hama

Memfasilitasi pengguna agar mudah dalam mendeteksi hama atau penyakit dengan sekali jepretan foto. Selain itu mereka juga mendapatkan cara pencegahan, rekomendasi obat, dll.

Chat bersama dokter ahli tanaman

Pengguna dapat mengkonsultasikan masalah dengan dokter spesialis tanaman yang berpengalaman. Pengguna akan mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang disarankan.

Toko Pupuk dan Bibit

Karena salah satu masalah petani adalah susahnya membeli pupuk karena di daerah mereka mengalami kelangkaan sehingga harganya menjadi mahal, kami disini menyediaakan toko khusus yang menjual aneka pupuk dan bibit yang petani butuhkan.

Kalkulator Pupuk

Hitung kebutuhan pupuk untuk tanaman Anda berdasarkan ukuran plot tanah

Diagnosis dan obati masalah tanaman

Anda akan mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang disarankan hanya dengan melalui genggaman tangan

Komunitas petani

Kami menyediakan wadah bagi anda untuk memperluas networking, menambah pengetahuan, menyalurkan hobi, mendatangkan tambahan penghasilan, dan mengasah kompetensi melalui komunitas petani ini.

PROTOTYPE

TEST

Setelah selesai merancang HI-FI dan Prototype, maka saatnya menguji dan memvalidasi apakah solusi yang coba saya buat bisa digunakan dan berguna atau tidak. Dalam pengujian sistem Plantex ini akan dilakukan pengujian terhadap fungsionalitas dan tingkat kebergunaan pada saat sistem dijalankan.

A. Pengujian Usability Testing

Usability Testing dilakukan untuk menguji prototype kepada pengguna untuk menentukan kepuasan pengguna dan mengetahui sejauh mana aplikasi kami dapat berguna, juga untuk memperbaiki kesalahan dari aplikasi kami berdasarkan kritik dan saran dari pengguna.

B. Pengujian SUS (system Usability Scale)

Tahap ini merupakan pengujian untuk mengukur dan mengevaluasi kebergunaan dari sistem

Kesimpulan dari Pengujian Validasi ini adalah:

  • Memberikan akses artikel-artikel singkat melalui homepage yang berhubungan dengan topik tersebut.
  • Memberikan fitur jual hasil tanaman petani

Refleksi

Menggunakan Metode yang tepat Dalam setiap metode memiliki pro dan kontra, masih banyak yang harus dibaca,dipelajari dan di pertimbangkan dalam memilih metode untuk user research. Seperti halnya Usability Testing sebagai metode masih banyak yang harus dipelajari agar solusi yang diajukan lebih tepat guna dan efektif. selain itu saya merasa masih banyak hal hal yang belum terpikirkan dan kurang teliti sehingga hasil masih belum maximal.

--

--

Dribbble : Sharen Alicia Ayugi

Love podcasts or audiobooks? Learn on the go with our new app.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store